Mata Pelajaran yang diujikan di UN 2017

shares |


UN akan dihapuskan sempat menjadi isu yang menjadi harap-harap cemas. Sekedar isu, akhirnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menetapkan UN 2017 akan dilaksanakan. Apa yang terbaru dari UN 2017? Simak sedikit ulasannya berikut.


1. Ujian Akhir Sekolah
Untuk meningkatkan kualitas mutu Ujian Sekolah, pemerintah mengganti namanya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
USBN SMA total terdiri dari enam mapel, yaitu Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah dan tiga mapel sesuai jurusan masing-masing. Untuk jurusan IPA, ditambah mapel Fisika, Kimia, dan Biologi; untuk jurusan IPS, ditambah mapel Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi; dan untuk jurusan Bahasa, ditambah mapel Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.
USBN SMK adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer
USBN SMP akan menguji siswa untuk mapel Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS


2. Ujian Nasional
UN 2017 SMA ini yang berbeda hanya terjadi pada jenjang SMA. Semula yang terdiri dari enam mata pelajaran (mapel), berubah menjadi emat mapel. yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapel dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.
UN 2017 SMK juga tetap menguji empat mapel, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan
UN 2017 SMP tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, akan menguji mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.


Sumber : Kemendikbud

Related Posts

0 berbicara:

Post a Comment